RAHASIA KEKUATAN GELOMBANG OTAK

22.45


Banyak orang yang belum mengetahui tentang kekuatan gelombang otak, padahal ada potensi besar didalam otak yang belum kita maksimalkan. Tapi jika kita mau belajar melatih kekuatan gelombang otak, maka kita akan menemukan hal hal baru yang selama ini tidak kita sangka sangka. Itu karena otak kita terdiri dari milyaran sel otak yang disebut neuron, Jika kita mempelajari hal baru otomatis otak kita juga memproduksi satu neuron baru.

Dan setiap neuron satu dengan yang lainya saling berkomunikasi dengan cara memancarkan gelombang listrik. Gelombang gelombang listrik yang dihasilkan oleh neuron didalam otak inilah yang kita sebut gelombang otak. Jadi lebih simpelnya gelombang otak adalah arus listrik yang dikeluarkan oleh otak. Otak kita akan dikatakan mati apabila otak kita sudah tidak lagi mengeluarkan gelombang otak.

Dengan semakin canggihnya teknologi, gelombang otak manusia dapat diukur dengan alat Electroencephalograph (EEG). Diketahui bahwa frekuwensi gelombang otak manusia yang dihasilkan oleh neuron bervariasi dari 0,5.Hz sampai 40.Hz dan terbagi mejadi 5gelombang. Gelombang Delta, theta, alpha, beta dan gamma dan berikut penjelasan kelima gelombang itu: 

       1. Gelombang Beta (0,5Hz-4Hz)

Gelombang delta adalah Gelombang Otak yang memiliki frekwensi yang sangat rendah, yaitu dibawah 4Hz. Gelombang otak ini terjadi ketika tertidur lelap, tanpa mimpi. Ini adalah fase istirahat bagi tubuh dan pikiran anda. Tubuh akan melakukan proses penyembuhan diri, memperbaiki beberapa kerusakan jaringan saraf, dan memproduksi sel-sel baru. Kondisi gelombang otak delta sering dimanfaatkan sebagai sarana penyembuhan, pada posisi ini otak kita hampir tidak bekerja karena dalam posisi paling rendah. Sehingga tubuh dapat memproduksi hormon pertumbuhan dan juga memperbaiki kerusakan pada syaraf secara maksimal. Otak tidak akan pernah mencapai frekwensi 0 hz, karena jika otak anda dalam frekwensi 0 Hz anda akan mati. Untuk berbagai manfaat dari gelombang Delta dan cara untuk melakukanya anda bisa klikdisini.

            2.   Gelombang Theta (4Hz-8Hz) 


Gelombang Theta Adalah Gelombang Otak  yang terjadi pada saat tidur ringan, atau saat ngantuk berat. Tandanya pikiran mulai kosong, tubuh terasa lemas, napas mulai melambat, dan mata sedikit terpejam. Selain orang yang mengalami tidur ringan, gelombang Theta juga bisa dihasilkan melalui hypnotis, meditasi, yoga dan juga relaksasi. Orang yang mampu beribadah dengan khusyu’ atau orang yang mampu menguasai tenaga dalam juga dapat menghasilkan gelombang Tetha. Kita dapat memanfaatkan Gelombang Theta untuk tujuan yang lebih besar, yaitu untuk relaksasi atau meditasi. Bagi anda yang sulit melakukan konsentrasi atau sulit menenangkan pikiran, anda bisa menggunakan terapi gelombang otak. 

3.      Gelombang Alpha (8Hz-12Hz)

Gelombang Alpha terjadi ketika seseorang mengalami relaksaksi atau keadaaan pikiran tenang. Gelombang ini biasanya dihasilkan ketika akan tertidur, atau masa peralihan antara sadar dan tidak sadar. Dalam posisi gelombang Alpha sangat bagus untuk diberi sugesti positif, karna sugesti itu akan langsung masuk ke alam bawah sadar dan akan diproyeksikan ke alam sadar. Sebagai contoh anda takut sama ular, kemudian anda dihipnotis atau anda diarahkan masuk kedalam gelombang Alpha, lalu diberi sugesti dengan kata kata  bahwa anda sebenarnya tidak takut ular. Dan apa yang terjadi? Setelah anda dibangunkan, kemudian disuruh pegang ular anda menjadi tidak takut sama sekali. Padahal sebelumnya melihat ular saja anda ketakutan. Itulah mengapa fenomena alpha banyak dimanfaatkan oleh para ahli psikolog untuk pemrograman alam bawah sadar. Anda juga bisa memprogam sendiri gelombang Alpha tanpa harus konsultasi ke psikolog caranya klik disini.

4.      Gelombang Beta (12Hz-20Hz)

Gelombang Beta merupakan gelombang otak yang terjadi saat seseorang mengalami aktifitas mental yang kesadaranya terjaga penuh. Keadaan ini biasanya terjadi saat kita melakukan aktivitas sehari hari, dan berinteraksi dengan orang orang di sekitar kita. Frekwensi Beta adalah ketika pikiran anda dalam keadaan sadar penuh, Gelombang beta sendiri dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu High Beta (lebih dari 19Hz) yang merupakan transisi dengan getaran Gamma , lalu Getaran Beta (15hz -18hz) dan selanjutnya Low Beta (12hz-15hz). Gelombang beta sangat di perlukan otak ketika Anda berpikir rasional, pemecahan masalah, dan penggunaan logika dalam pemikiran anda. Jika anda seorang intelektual, pelajar, atau pekerja yang menggunakan logika, anda bisa menggunakan terapi ini untuk bisa memasuki gelombang Beta secara maksimal. 

5.      Gelombang Gamma (20Hz-40Hz)

Dalam amplitudo gelombang Gamma merupakan yang terendah, tapi dalam ilmu gelombang otak, gelombang Gamma termasuk gelombang paling cepat. Gelombang Gamma terjadi pada saat seseorang mengalami aktifitas mental yang sangat tinggi, misalnya seseorang yang sedang ujian kelulusan, bertanding , terburu buru, audisi , pidato dimuka umum, atau pada saat sangat panik dan ketakutan. Asalkan saja kondisi ini dalam kesadaran penuh. Manfaat dari Gelombang Gamma adalah untuk mengatasi gangguan sering mengantuk pada diri seseorang, seperti mengantuk saat berkendara, mengantuk saat bekerja di kantor atau mengantuk saat belajar. Dengan terapi gelombang otak anda akan dengan mudah memasuki gelombang Gamma.
 
Kekuatan otak kiri dan otak kanan

Orang orang di jaman dahulu menganggap bahwa perbedaan fungsi otak kanan dan otak kiri tidaklah besar. Namun pada era modern seperti saat ini, perbedaan fungsi otak kiri dan otak kanan tidak hanya menjadi pengetahuan para praktisi medis, tetapi juga menjadi sebuah cabang ilmu pengetahuan yang khusus untuk diteliti. kegunaan otak kiri adalah untuk berpikir secara logika, menganalisa, kemampuan berbahasa dan kemampuan menghitung. Dapat dikatakan bahwa otak kiri bertanggung jawab penuh terhadap IQ seseorang . Mereka yang cenderung menggunakan otak kiri, dominan lebih pintar dibidang matematis, pandai menganalisa dan juga pandai berbicara.

Sedangkan fungsi dari otak kanan adalah bertanggung jawab dalam emosional, daya intuisi kuat, kreatif, suka kesenian, kemampuan refleksi, daya ingat  baik dan juga kepribadian. Otak kanan bertanggung jawab penuh terhadap emosi (EQ) seseorang. Mereka dengan kecenderungan otak kanan, lebih dominan berperasaan dan berimajinasi tetapi kurang ahli dalam kemampuan manajerial. Supaya terjadi keseimbangan anda bisa belajar Cara mengoptimal otak kiri dan otak kanan


Pendidikan saat ini kebanyakan lebih mengutamakan otak kiri daripada otak kanan. Sehingga banyak orang tidak percaya adanya indera intuisi, daya prediksi dan kemampuan imajinasi. Hal ini disebabkan karena mereka lebih banyak menggunakan otak kiri, sehingga otak kanan tertekan dan sulit berkembang. Tetapi setelah anda tahu cara menoptimalkan otak kanan, anda dapat menyeimbangkan kemampuan dari otak kiri dan otak kanan. Otak kiri tidak lagi menekan otak kanan, Sehingga Kemampuan prediksi, daya ingat, kesenian dan kemampuan reflex menjadi lebih berkembang.

Disamping itu kerja otak kiripun tetap optimal seperti kemampuan manajerial dan kemampuan matematis. Orang yang dapat menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan akan lebih memiliki rasa cinta kasih, lebih mencintai orang tua, memiliki kecerdasan dan kerukunan. Juga bisa memulihkan potensi awal yang semestinya dimiliki oleh semua manusia. Dan masih banyak lagi potensi otak manusia yang jarang disadari oleh manusia itu sendiri.

Bagaimana cara menyeimbangkan gelombang otak pada frekuensi yang kita inginkan?

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam satu waktu, otak bisa menghasilkan lima jenis gelombang otak secara bersamaan, namun dengan kadar yang berbeda beda. Misalnya dalam kondisi tidur, otak kita lebih banyak memproduksi gelombang delta daripada memproduksi gelombang alpha. Dan juga saat beraktivitas otak kita memproduksi gelombang beta tapi tetap memproduksi gelombang theta dan alpha walau kadarnya cuma sedikit. Dan setiap orang punya pola gelombang otak yang unik dan selalu konsisten. Keunikan yang berbeda beda itu tampak pada komposisi jenis gelombang pada saat tertentu. Komposisi gelombang otak itu juga menentukan tingkat kecerdasan seseorang.

Cara menyeimbangkan gelombang otak untuk mencapai frekuensi yang diinginkan adalah dengan cara meditasi atau dengan cara stimulasi cahaya dan suara(terapi). Ketika otak anda mendapatkan rangsangan ritmik(suara) seperti misalnya ketukan, suara tersebut akan diproduksi ulang oleh otak dalam bentuk gelombang listrik. Kalau ritme ketukan yang dihasilkan selaras dengan frekuensi gelombang otak, dan disisipkan ke otak secara terus menerus, otak akan terpicu untuk mensinkronkan gelombangnya pada ritme dan frekuensi yang sama. Cara ini disebut Frequency Following Response (FFR).

Meditasi dihubungkan dengan adanya keinginan untuk mencapai gelombang otak alpha dan tetha. Pada gelombang otak alpha dan tetha, tubuh dalam keadaan rileks dan tidur ringan dengan relaksasi yang dalam. Maka informasi yang masuk ke otak akan lebih mudah diterima, sehingga tubuh lebih mudah menjalankan informasi seperti yang otak perintahkan.

Di era digital seperti sekarang, meditasi bisa diganti dengan menggunakan suara yang sudah diprogam secara khusus untuk mengatur frekwensi gelombang otak, atau biasa disebut dengan terapi gelombang otak. Gelombang otak yang paling tinggi yaitu Gamma dengan frekuensi 20Hz-40Hz.  Menurut Dr. Jeffrey. D. Thompson, dari Center for Acoustic Research. Didalam dunia teknologi pikiran ada yang dikenal dengan "frequency following response" yang merupakan fenomena alami yang dimiliki oleh otak manusia.

Frequency Following Response adalah sebuah keadaan dimana otak cenderung menyesuaikan frekuensinya dengan frekuensi rangsangan suara atau cahaya yang diterima otak melalui telinga atau mata. Pola gelombang otak Anda menentukan keadaan mental Anda. Apakah anda sedang bersemangat, berenergi, produktif, kreatif, bergembira atau sedang  malas. Dan ada pula seseorang yang tiba tiba merasa sedih, stress, cemas, susah konsentrasi atau depresi. semua itu dipengaruhi oleh pola gelombang otak yang dikeluarkan oleh sel-sel saraf di otak anda. Gelombang otak menentukan keadaan pikiran anda. Terapigelombang Otak merupakan sebuah cara untuk mengatur pola gelombang otak anda sesuai kebutuhan, agar anda mendapatkan kondisi pikiran, sesuai yang anda inginkan.

Bagi anda yang super sibuk dan tak ada waktu untuk bermeditasi, anda bisa mengunakan terapi gelombang otak sebagai solusinya. Karena metode ini Terbukti sangat efektif untuk mengatur frekwensi gelombang otak. Untuk anda yang tertarik dengan metode terapi gelombang otak, informasi lebih lanjut anda bisa kunjungi web resmi kami di Gelombangotak.com





 

You Might Also Like

0 komentar