BELAJAR MENERAPKAN POLA HIDUP SEHAT

19.03




"Bayangkan ketika anda sakit, pasti ada banyak penyesalan dalam hati. Karena sewaktu sehat anda malas  untuk melakukan pola hidup yang sehat"

Tubuh anda terlalu berharga jika harus dirusak dengan kebiasaan buruk, saatnya berubah!!!

Dan Sebenarnya untuk melakukan pola hidup sehat sangat mudah dan tidak mahal koq, anda tidak percaya?

Coba anda intip beberapa tips cara melakukan hidup sehat di bawah ini:

      1.   Berolahraga secara teratur 

Apakah saat ini anda rajin berolahraga? Atau malah tidak sama sekali, jika itu yang terjadi pada anda, anda tinggal menunggu waktu untuk berbaring ditempat tidur atau bahkan di rumah sakit.

Koq bisa begitu? Yaa.. bisa lah, para ahli kesehatan menyebutkan bahwa 70% orang yang tidak berolahraga rentan terkena penyakit. 

Dengan berolahraga secara teratur akan menjadi salah satu cara menerapkan pola hidup sehat. Anda tidak perlu latihan berat yang menguras energi dan juga tak perlu mengeluarkan banyak uang dengan pergi ke pusat kebugaran/fitnes.

Anda cukup berjalan-jalan secara rutin di sekitaran halaman rumah anda. Atau mungkin juga anda bisa bersepeda, simpel kan.. 

Ingat! Bergerak akan membuat jantung selalu sehat, metabolisme terjaga dan terbebas dari stres. Olah-raga ringan yang sering dan teratur adalah cermin seseorang melakukan pola hidup sehat yang sederhana.

       2.   Catat makanan yang Anda konsumsi.

Jika anda mempunyai kebiasaan pola makan yang tidak sehat, Anda harus mulai mencatat semua makanan yang anda konsumsi sehari-hari.

Karena catatan ini berguna untuk menyadarkan dan menjadi alat pengingat untuk mengurangi asupan makanan anda, hal ini pun membantu menjaga badan menjadi lebih sehat.

Apabila anda mendambakan penampilan yang tetap awet muda, pilihlah makanan berkalori sebagai asupan energi.

Jangan lupa cukupi juga makanan yang dapat menambah metabolisme, dan kesehatan jantung supaya bisa mengontrol stres.

Perbanyak juga makan sayuran, buah buahan dan juga makanan yang banyak mengandung protein. Karena makanan tersebut sangat baik untuk Kulit, rambut, kuku, berat tubuh serta suasana hati.

       3.   Kurangi Mengkonsumsi minuman Bersoda

Minuman bersoda memang memberi sensasi kesegaran yang mengiurkan, Terlebih ketika panas terik menyengat, anda serasa terjun bebas ke kolam penuh air yang menyegarkan seluruh tubuh anda.

Tapi tahukah anda bahwa terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda dapat memicu obesitas,

karena dalam minuman bersoda mengandung banyak kadar gula yang bisa menyebabkan kegemukan.

       4.   Buang Jauh Rutinitas Buruk

Setiap orang pasti punya beberapa rutinitas buruk yang masih dilakukan, seperti merokok, minum alkohol, begadang setiap malam hingga mengkonsumsi makanan cepat saji.

Jika anda termasuk salah satunya, cobalah awali dengan mengurangi rutinitas buruk tersebut secara bertahap sampai anda benar benar dapat meninggalkanya. 

       5.   Perbanyak Minum Air Mineral/Air putih

Sudah berapa gelas air putih yang anda konsumsi hari ini? Saya harap jawabannya adalah 8 - 9 gelas. Ya! 8 gelas perhari adalah jumlah minimum air yang wajib anda minum. 

Perlu anda ketahui bahwa tanpa sadar selama ini kita semua masih kurang dalam meminum air putih dalam satu hari. 

Padahal mengkonsumsi minimal 8 gelas air putih dalam sehari merupakan cara hidup sehat yang murah, gampang dan ampuh untuk melindungi kesehatan badan.

       6.   Jangan Suka Murung, TERTAWALAH!!

Percayakah anda bahwa tertawa dapat membuat awet muda? Jika anda belum percaya, cobalah anda amati orang orang disekitar anda. Lalu bandingkan orang yang suka cemberut dengan orang yang suka tersenyum.


Anda pasti sudah tahu hasilnya. Tanpa anda sadari ternyata tertawa mampu membakar kalori, dan tertawa juga menyehatkan jantung lantaran dapat melatih otot diafragma.

Anjuran pola hidup sehat dengan tertawa telah banyak dibuktikan keampuhannya oleh para ahli kesehatan.

       7.   Istirahat Yang Cukup

Salah satu kunci untuk mendapatkan pikiran dan tubuh yang sehat adalah dengan istirahat yang cukup. Tidak hanya bertujuan mengistirahatkan badan, tidur yang cukup  ternyata mampu untuk mengelola stres.  

Delapan jam adalah saat tidur yang optimal, namun jika anda dapat tidur sampai sembilan jam, itu lebih baik! Hormon anti-penuaan DHEA di produksi tubuh saat anda sedang tidur.

Pastikan jam tidur Anda cukup dengan membiasakan tidur dan bangun di waktu yang sama. 

       8.   Rajin Berpuasa

Untuk umat muslim, selain memperoleh pahala ternyata secara medis membuktikan bahwa puasa mempunyai pengaruh penting untuk kesehatan fisik serta psikologis manusia. 


Ketika berpuasa kinerja organ tubuh menjadi lebih rilek sehingga emosi lebih mudah terkontrol serta fikiran jauh lebih tenang.

Sementara untuk kesehatan fisik, puasa dapat mengontrol kinerja organ pencernaan supaya dapat berjalan seimbang.

       9.   Biasakan Berfikir Positif

Otak adalah bagian terpenting dari tubuh anda. Semua kegiatan akan dikoordinasikan melalui otak anda, sebelum dijalankan oleh bagian tubuh lainya.

Berfikir positif akan menghindari anda dari stres, meningkatkan percaya diri dan menjaga kinerja organ tubuh agar tetap optimal.

       10.  Keluarga Yang Harmonis

Apakah hubungan Anda dengan pasangan berjalan harmonis? 

Jika tidak, hati hati karena hal tersebut menentukan kesehatan pikiran, jiwa, dan tentunya akan berdampak pada kesehatan tubuh.

Lakukanlah pendekatan dan seringlah berkomunikasi, eeits.. ada satu lagi yang hampir lupa. Lakukanlah hubungan intim minimal 2 kali dalam seminggu. 

http://hanyasatumenit.com/ternyata-gangguan-psikologis-dapat-menurunkan-gairah-seksual/


Lho,, koq bisa berhubungan intim menjadi pola hidup sehat?

Bisa dong,, karena manfaat seks secara nyata memperlihatkan bahwa seseorang memiliki rasa kasih sayang yang ingin diperlihatkan kepada pasangannya. Bersamaan dengan itu pula, kualitas kehidupan bisa menjadi lebih menyehatkan.

Jika anda penasaran dan ingin tahu lebih lanjut tentang manfaat hubungan seks untuk kesehatan. Anda bisa baca manfaat hubungan seks supaya tubuh lebih sehat.

“Intinya, pola hidup seseorang menjadi faktor utama dalam menentukan kesehatannya. Mulailah dari hal-hal kecil yang umum dilakukan sehari-hari hingga hal besar yang juga bisa kita jalankan”.

anda juga bisa membaca artikel tentang dampak buruk dari hipertensi


You Might Also Like

1 komentar

  1. terimakasih infonya, dan jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2RpidHn

    BalasHapus